"ASSALAMUALAIKUM; Tuan-tuan,puan-puan,rakan-rakan sekelian boleh mendapatkan produk istimewa CNI di mana-mana cawangan dan stokis CNI di seluruh Malaysia dengan menggunakan nombor keahlian ini 1436554 atau HUBUNGI : 013-8546275. Terima Kasih."

Wednesday, September 25, 2019

KEWAJIBAN RAKYAT

No 3⃣

4⃣. Menyampaikan Nasihat dan mengingatkan.
▪Pemerintah bukanlah pihak yang ma'shum Alias terjaga dari melakukan kesalahan. Mereka pada dasarnya adalah manusia biasa, kadang berbuat benar dan kadang berbuat yang salah. Maka dari itu, sampai kapanpun, mereka membutuhkan nasihat dan arahan arahan yang baik. Menyampaikan nasihat kepada mereka dengan benar adalah bagian dari pilar Islam dan petunjuk orang orang saleh terdahulu.

✔Rasululloh Shollallohu 'Alaihi Wasallam bersabda, Agama adalah Nasihat, kami bertanya (Kata para sahabat), untuk siapa? Beliau menjawab Untuk Allah, Rasul Nya, kitab Nya, para pemimpin kaum muslimin, dan untuk kaum muslimin pada umumnya.(HR.MUSLIM).

✔Ibnu Rajab Al Hanbali Rohimahulloh berkata, Nasehat untuk para pemimpin kaum muslimin berarti menginginkan kebaikannya, kelurusannya, dan keadilannya, serta menginginkan agar umat bersatu dibawahnya dan membenci perpecahan. Kemudian juga memuliakannya dan membantunya dalam kebenaran serta mengingatkannya dengan baik dan lembut, mengubur keinginan untuk menggulingkannya dan justru mendoakannya dengan taufiq dan kebaikan.
(Jami'ul Ulum Wal Hikam).

✔Asy Abdurrahman as Sa'di Rohimahulloh menjelaskan, para pemimpin kaum muslimin adalah pemerintah mereka dari yang paling tinggi jabatannya hingga paling bawah. Karena kewajiban yang mereka pikul itu lebih berat dibandingkan dengan yang lain, wajib menasehatinya sesuai dengan kedudukan dan jabatannya. Nasihat itu diantaranya adalah mengakui kepemimpinannya dan pemerintahnnya, wajib menaatinya dalam hal yang baik dan mendorong rakyat kepada hal itu, menunaikan segala perintahnya yang tidak menyelisihi perintah Allah ta'ala dan Rasul Nya. Kemudian mendoakan mereka dengan kebaikan dan taufiq, tidak mencelanya, atau menyebarakan kejelekan kejelekannya, karena hal itu akan menimbulkan kerusakan yang besar. Siapa saja yang melihat diantara mereka ada yang melakukan sesuatu yang tidak baik, hendaknya segera untuk mengingatkan nya secara sembunyi sembunyi, tidak terang terangan, dengan lemah lembut dan bahasa yang mengena sesuai keadaan. Inilah yang harus ditempuh dan diberlakukan kepada setiap orang, terkhusus pemerintah. Sebab, mengingatkan pemerintah itu memiliki kebaikan sekaligus menjadi bukti kejujuran dan keikhlasan.

5⃣. Membela dan Membantu.

▪Kewajiban rakyat berikutnya terhadap pemerintah ialah membela dan membantu, dalam artian bekerja sama dengan pemerintah dalam mewujudkan kemajuan disegala bidang, baik yang bersifat eksternal seperti berjihad melawan musuh dengan harta dan jiwa, atau yang sifatnya internal seperti mengembangkan perindustrian, pertanian, memperbaiki moral, akhlak, dan lain lain.
▪Wajib bagi rakyat untuk memberikan pembelaan terhadap pemerintahnya, ketika ada sebagian pihak yang melanggar hak haknya seperti ketika ada pihak yang ingin memberontaknya dan melepaskan ketaatan kepadanya, membelanya berati membela kaum muslimin dan menjaga kehormatan agama (Fiqh Siyasah As Syar'iyah) Nabi Bersabda, Siapa yang datang kepada kalian sedangkan pengaturan urusan kalian ada dibawah seseorang yang menjadi pemimpin kalian dan dia datang hendak memecah belah kesatuan kalian maka penggalah lehernya (Perangilah).
(HR:MUSLIM).

✔Al Imam Nawawi Rohimahulloh menjelaskan, dalam hadits ini, ada perintah untuk memerangi  pihak yang hendak memberontak kepada pemerintah dan mencegah pihak yang hendak memecah belah kesatuan kaum muslimin. Namun, jika tidak jera, hendaknya diperangi saja.(Syarah Shahih Muslim). tentunya atas perintah dari pemerintahan yang sah, bukan dengan main hakim sendiri sendiri.

Bersambung...

No comments: